Sabtu, 15 Maret 2014

TEMPAT WISATA BENGKULU SELATAN

TEMPAT WISATA MANNA, BENGKULU SELATAN
Kota Manna(kota Kenangan) adalah sebuah kota kecil yang merupakan ibu kota dari kabupaten Bengkulu Selatan. Penduduk aslinya adalah suku serawai dan pesisir.terdapat banyak tempat wisata sangat Indah dan ramai seperti Pantai pasar Bawah serta banyak pusat perbelanjaan seperti mini market dan pasar,pasar yang terkenal di sini yaitu Pasar Ampera.Banyak sejarah yang tersimpan di kota kecil ini, yaitu adanya daerah keramat yang disebut masyarakat setempat Dusun Tinggi dan ada juga yang menyebutnya Sebakas, tempat ini dipercaya masyarakat setempat sebagai kota hilang,pada zaman kerajaan dulu, tempat ini menjadi pusat persembunyian dari ancaman para penjajah dan konon dipercaya tempat dahulunya perna disinggahi oleh Gadja Mada. Di sebuah desa di kota Manna, tepatnya di dusun Padang Niur (Padang Kedongdong) terdapat sebuah keris dan sebuah pedang sakti yang disimpan dirumah penduduk yang bernama pak Juliam dan Ibu Ili, keris ini juga dipercaya masyarakat setempat sebagai pusaka yang dahulunya pernah dipakai Gadja Mada. kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, Indonesia. Salah satu SMA yang ada di sini adalah SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan yang telah ada sejak rintisan awal nya merupakan SPG, berdiri sejak tahun 1982. Luas - 30 km², Jumlah penduduk -500.000 jiwa (1999),Kepadatan - 2 jiwa/km²

Pantai Pasar Bawah

Pantai Pasar Bawah adalah obyek wisata favorit warga kota Manna (ibukota Kabupaten Bengkulu selatan).
Karena letaknya yang strategis di pusat kota Manna maka tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar bersantai.
Objek wisata ini terletak dibagian pesisir kota Manna, berjarak sekitar 3km dari pusat kota, sekitar 10 menit menggunakan kendaraan umum. Selain pemandangan yg indah tempat ini bisa juga sebagai objek Kuliner, memancing dll. Pasar Bawah merupakan pantai yang sejuk,karena dipinggir pinggir pantai terdapat pohon-pohon cemara yang biasa hidup di pegunungan. Pengunjung bukan hanya berasal dari Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, bahkan ada yang berkunjung dari provinsi tetangga, dari Provinsi Palembang, yakni Kota Pagar Alam yang sering berkunjung ketika Hari-hari Besar. Selain sebagai tempat pariwisata, Pantai Pasar Bawah juga merupakan tempat perkampungan nelayan tradisional, dan merupakan pusat perikanan ikan laut di Bengkulu Selatan.
Bukan hanya pantai pasar bawah tempat wisata di bengkulu selatan melainka di daerah seginim, air nipis dll.

Bendungan seginim


Objek wisata Bendungan air nipis adalah sebuah bendungan yang dijadikan tempat kunjungan wisata di Bengkulu Selatan, Bendungan yang dibangun tahun 1986 ini menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal dan memiliki potensi pariwisata yang baik dengan pengolahan yang baik pula tentunya.
Bendungan yang terletak di Seginim Bengkulu Selatan ini memiliki fungsi utamanya sebagai irigator bagi sawah-sawah disekitarnya, oleh sebab itu panorama persawahan menjadi pemandangan yang dominan di tempat ini.

Bendungan air nipis




Batu Balai


Bendungan yang terletak di Seginim Bengkulu Selatan ini memiliki fungsi utamanya sebagai irigator bagi sawah-sawah disekitarnya, oleh sebab itu panorama persawahan menjadi pemandangan yang dominan di tempat ini. 
Di Hulu sungai Nipis tepatnya di Desa Batu Balai, aliran airnya yang deras serta bebatuan yang menjulang sepanjang aliran sungai sabgat bagus untuk dijadikan tempat untuk olahraga arung jeram.


10 komentar: